Minggu, 22 Januari 2012

Definisi TPAI

Assalamu’alaikum sobat muslim di Kampus PGSD Tegal
Bagaimana kabarnya ? sudah sholatkah ? jika belum, jangan lanjutkan membaca artikel ini !
monggoh sholat dulu, karena itu akan lebih manfaat... ^^
Oke, yang sudah sholat boleh lanjutkan !
Bagi yang belum tahu apa itu TPAI  secara detail, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk memberikan deskripsi TPAI secara mendalam.

Apa itu TPAI ?
TPAI (Tutorial Pendidikan Agama Islam) merupakan pengiring mata kuliah PAI, TPAI berisi beberapa rangkaian kegiatan pengkaderan akhlak Islam yang wajib diikuti mahasiswa yang mengambil mata kuliah PAI. Tujuan diadakannya TPAI sebagai pengiring mata kuliah PAI, ialah tak lain agar mata kuliah PAI yang diikuti mahasiswa bukan hanya sekedar ilmu yang dipelajari, tetapi juga terdapat kegiatan Tutorial Agama Islam sebagai sarana pemupukan akhlak Islam.
Sudah menjadi kebiasaan, mahasiswa yang mengambil mata kuliah PAI (biasanya semester II) sebagai syarat penting memantapkan nilai dan iman, wajib hukumnya ikut serta dalam kegiatan Tutorial Pendidikan Agama Islam yang disingkat TPAI. TPAI ini wajib diikuti, sebab 40 % nilai akhir mata kuliah Pendidikan Agama Islam diambil dari penilaian selama mengikuti Tutorial PAI. Penilaian diambil dari jumlah kehadiran saat mentoring danbeberapa kegiatan lain, kuantitas serta kualitas aktivitas pemenuhan target ibadah yang dibuat saat mentoring, serta nilai ujian tengah dan akhir  tutorial.

Adakah perbedaan TPAI di Kampus Tegal dengan TPAI di Kampus Sekaran ?
Seperti yang kita ketahui Kampus PGSD Tegal jauh adanya dengan kampus Unnes di Sekaran, oleh sebab itu terdapat beberapa perbedaan Tutorial PAI yang diadakan di Kampus PGSD Tegal. Perbedaan tersebut tidak mengurangi sedikitpun proses serta manfaat TPAI, melainkan dengan tujuan menyesuaikan atmosfir di Kampus PGSD Tegal serta SDM yang ada di Tegal. Beberapa perbedaan tersebut contohnya, jika di Kampus Sekaran cukup seorang Tutor yang memberikan kajian yang merupakan mahasiswa aktif, tetapi di Kampus Tegal terdapat Mentor yang sebagian besar merupakan alumni Unnes serta didampingi seorang Astor yang merupakan mahasiswa aktif PGSD Tegal. Tutor yang didatangkan dari luar kampus tersebut tidak selamanya dapat hadir secara rutin dikarenakan kesibukan lain diluar TPAI, sehingga diperlukan seorang Astor  yang dapat menggantikan sewaktu-waktu Mentor tak bisa hadir.  Selain itu Kuliah Ahad Pagi diubah menjadi Kajian Rutin (Kantin), menyesuaikan dengan kebiasaan sebagian besar mahasiswa PGSD Tegal yang setiap seminggu sekali meninggalkan Tegal untuk mudik ke kampung halaman masing-masing. Dan beberapa perbedaan lain, yang Insya Alloh tidak mengurangi manfaat Tutorial PAI.

Apa saja kegiatan TPAI ?
Tutorial PAI diawali dengan Stadium General, kemudian dilanjutkan dengan Mentoring, Kajian Rutin, Kajian Fakultas, Malam Bina Iman dan Taqwa (Mabit), serta ujian di tengah dan akhir tutorial.

0 komentar:

Posting Komentar

Pengikut

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India